1. Membuat halaman yang berselang seling Portrait dan Landscape
- Pertama, klik pada ribbon LAYOUT
- Kemudian pada bar PAGE SETUP klik pojok kanan bawah tools page setup
- Kemudian pada jendela page setup, pilih orientasi nya menjadi Portrait atau Landscape
- Kemudian pada jendela apply to kita pilih This Point Forward
- Hasil dari halaman selang seling portait dan landscape
2. Mengatur Halaman Yang Berselang Seling Portrait dan Landscape
Langkah-Langkah
1. klik ribbon INSERT
2. Kemudian pada bar header and footer, Klik PAGE NUMBER
3. Lalu pilih design page number yang di inginkan
4. Jika ingin mengganti nomor awal halaman pilih format page number
5. Hasil pemberian nomor halaman
3. Mengatur Spacing dan Paragraph
- mengatur paragraf
- Silahkan buka file makalah sobat yang akan di atur tata letak
paragraphnya dengan menggunakan Microsoft word.
- Block bagian paragraph yang akan kita atur, kemudian klik menu home > panah kecil yang ada di samping tulisan paragraph
- Kemudian pilih first line, jika menginginkan baris pertama agak masuk kedalam. Dan pilih hanging jika sobat menginginkan baris pertama menggantung keluar. Sobat juga bisa mengatur jaraknya pada kolom by yang berada di sebelahnya.
Alignment untuk mengatur rata kiri, rata tengah, rata kanan dan rata kiri kanan
Direction untuk mengatur arah mengetik. Right to left yang berarti mengetik dimulai dari kanan ke kiri, biasanya digunakan untuk pengetikan bahasa arab. Baca tutorial cara mengetik bahasa arab di Microsoft word. Sedangkan left to right digunakan untuk bahasa latin.
Identation untk mengatur awal dan akhir jarak penulisan. Dipengaturan inilah kita bisa mengatur baris pertama masuk kedalam atau menggantung keluar
Spacing untuk mengatur jarak dari baris pertama dengan baris berikutnya
- membuat spasi baris (Line Spacing)
1. Langkah pertama adalah blog semua tulisan yang ingin diatur jarak atau spasi barisnya.
2. Kemudian klik line paragraph spacing sperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

3. Lalu pilih karak yang dibutuhkan berdasarkan pilihan yang sudah tersedia.
Selanjutnya saya akan berbagi cara mengatur jarak spasi baris yang lebih manual
1. Langkah pertama masih Ssma dengan langkah yang adda pada langkah pertama cara otomatis, yaitu memblog semua tulisn yang ingin diubah jarak spasi barisnya.
2. Kemudian klik line paragraph spcing, seperti yang terlhaigt pada gambar no dua dicara pertama
3. Selanjutnya piliha line spacing option, maka akan muncu kotak dialog seperti gambar dibawah ini

4. Seperti yang terlihat diatas, “yang diberi lingkaran merah, ada banyak pilihan yang tersedia, maka
saya akan menjelaskan fungsinya satu persatu.
a. Before : Jarak dengan paragraph sebelumnya
b. After : jarak dengan paragraph sesudahnya
c. Line spacing : spasi paragraph
1. Single : paragraph satu spasi
2. 1,5 line : paragraph untuk satu setengah paragraf
3. Double : paragraph dua spasi
4. At lest : jarak minimal antr baris
5. Exactly : jarak pasti
6. Multiple : jarak dengan angka – agka yang agak unik.
4. Memanfaatkan MailMerge untu menggabungkan data dengan surat
Menggunakan Mail Merge:
- Buka dokumen Word yang ada, atau buat yang baru.
- Dari tab Mailings, klik perintah Start Mail Merge dan pilih Step-by-Step Mail Merge Wizard dari menu drop-down.
Step 1:
- Dari jendela Mail Merge di sisi kanan jendela Word, pilih jenis
dokumen yang ingin Anda buat. Dalam contoh kita, kita akan pilih
Letters. Kemudian klik Next: Starting document untuk bergerak ke Step 2.
Step 2:
- Pilih Use the current document, kemudian klik Next: Select recipients untuk beralih ke Step 3.
Step 3:
Sekarang Anda memerlukan daftar alamat sehingga Word secara otomatis dapat menempatkan setiap alamat ke dalam dokumen. List bisa berada pada file yang sudah ada, seperti buku kerja Excel, atau Anda dapat mengetik list alamat baru dari dalam Wizard Mail Merge.- Pilih Use an existing list, kemudian klik Browse untuk memilih file.
- Cari file Anda, kemudian klik Open.
- Jika list alamat ada di dalam buku kerja Excel, pilih worksheet yang berisi daftar itu, lalu klik OK.
- Dalam
kotak dialog Mail Merge Recipients, Anda dapat mencentang atau hapus
centang setiap kotak untuk mengontrol penerima yang akan digabungkan.
Secara default, semua penerima harus dipilih. Setelah selesai, klik
Close.
- Klik Next: Write your letter untuk beralih ke Step 4.
Jika Anda tidak memiliki list alamat yang ada, Anda
dapat mengklik tombol Type a new list dan klik Create, kemudian ketik
daftar alamat Anda secara manual.
Step 4:
Sekarang Anda siap untuk menulis surat Anda. Ketika itu dicetak, setiap salinan dari surat itu pada dasarnya sama; hanya data penerima (seperti nama dan alamat) yang berbeda. Anda harus menambahkan placeholder untuk data penerima sehingga Mail Merge tahu persis di mana tempat untuk menambahkan data.Menyisipkan data penerima:
- Tempatkan titik penyisipan dalam dokumen di mana Anda ingin informasinya muncul.
- Pilih salah satu opsi placeholder. Dalam contoh kita, kita akan pilih Address block.
- Tergantung
pada pilihan Anda, sebuah kotak dialog akan muncul dengan berbagai
pilihan sesuai selera. Pilih opsi yang diinginkan, lalu klik OK.
- Sebuah placeholder akan muncul dalam dokumen Anda.
- Tambahkan
placeholder lain yang Anda inginkan. Dalam contoh kita, kita akan
menambahkan sebuah placeholder Greeting line tepat di atas tubuh surat.
- Setelah selesai, klik Next: Preview your letters untuk beralih ke Step 5.
Untuk beberapa surat, Anda hanya perlu menambahkan
sebuah Address blok dan Greeting line. Tapi Anda juga dapat menambahkan
lebih banyak placeholder (seperti nama recipients atau addresses) dalam
tubuh surat untuk personalisasi lebih lanjut.
Step 5:
- Preview suratnya untuk memastikan
informasi dari daftar penerima muncul dengan benar dalam surat itu. Anda
dapat menggunakan panah gulir kiri dan kanan untuk melihat setiap versi
dokumen.
- Jika semuanya sudah benar, klik Next: Complete the merge untuk beralih ke Step 6.
Step 6:
- Klik Print untuk mencetak surat.
- Sebuah
kotak dialog akan muncul. Putuskan apakah Anda ingin mencetak semua
surat-surat, Current document (record), atau kelompok terpilih, kemudian
klik OK. Dalam contoh kita, kita akan mencetak semua surat.
- Kotak dialog Print akan muncul. Ubah setelan cetak jika diperlukan, lalu klik OK. Surat-surat akan dicetak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar